Munculnya jerawat terutama di wajah merupakan suatu hal yang mengesalkan. Bagaimana tidak, wajah unyu, nan cantik berseri ini, syahrini aja lewat, bisa hilang pesonanya dengan adanya jerawat pada wajah. Apalagi Jerawat batu yang gede-gede dan sangat mencolok keberadaannya. Berbagai tips dan cara menghilangkan jerawat pernah dilakukan, namun ada yang berhasil, tidak sedikit juga, malah tidak terasa pengaruhnya. Ternyata, bisa saja kita salah melakukan treatment terhadap jerawat tersebut, karena abai atas faktor penyebab timbulnya jerawat.

Dulu zamannya masa puber, zaman putih abu-abu, sering diledekin teman kalo ndak mau dibilang memuji, dia bilang bahwa wajah tanpa jerawat tuh ibarat malam tanpa gemintang, laksana bulan tanpa pancaran sinar. Dari situ aku mikir apa iya? Jelas kok, dia lagi menghibur ku juga dirinya sendiri yang memang memiliki jerawat di wajah bahkan jerawat di pungngung yang cukup banyak.

Aku yakin kita semua tentu sepakat bahwa wajah kita akan tampak lebih elok bila tanpa jerawat. Sehingga kita akan tampil lebih pede. Oleh karenanya, banyak orang melakukan berbagai cara, mengamalkan berjuta tips untuk menghilangkan jerawat di wajah, pun demikian dengan bekas jerawat di wajah. Akan tetapi, barangkali hanya sedikit saja yang menyadari bahwa munculnya jerawat baik di wajah ataupun di tempat-tempat lainnya, menunjukan bahwa ada yang tidak beres nih dengan kesehatan kita. Lebih sedikit lagi, yang mau repot datang ke dokter spesialis untuk melakukan treatment yang benar.

Berdasarkan pengalamanku, berikut ini adalah 3 faktor penyebab munculnya jerawat?

Penyebab Jerawat:

    • Kulit berminyak. Jika kita memiliki jenis kulit yang berminyak maka sangat beresiko munculnya jerawat. Kulit berminyak sendiri sebetulnya dikarenakan oleh Produksi sebum berlebih, sebum merupakan zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering. Kondisi dimana hormon tidak stabil dapat mengakibatkan produksi sebum yang tidak terkontrol.
    • Penyumbatan pori-pori kulit, sel kulit mati yang menumpuk di lapisan epidermis kulit sehingga mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat. Pada kondisi pori-pori tersumbat, sebum tidak bisa keluar dari epidermis kulit.
    • Bakteri, jenis bakteri Propionibacterium acnes bisa berkembang dan menyumbat folikel rambut. Bakteri tersebut makin lama makin berkembang sehingga mengakibatkan terjadinya inflamasi atau pembengkakan dalam kulit sehingga munculnya jerawat ataupun komedo.

Cara Menghilangkan Jerawat:

  • Rajin mencuci muka, sebaiknya gunakan pencuci wajah yang lembut, berbahan dasar air, hindari pemakaian sabun batang biasa (bukan khusus wajah), lakukan cuci muka dengan facial wash 3x sehari. Tidak dianjurkan terlalu sering mencuci wajah memakai facial wash, karena kulit wajah akan kering.
  • Tetap gunakan pelembab yang khusus untuk kulit berjerawat
  • Pilihlah produk yang sesuai dan cocok untuk jenis kulitmu
  • Lakukan skin care sesuai tahapan dengan produk yang sudah terjamin
  • Hindari gonta-ganti pemakaian produk kecantikan
  • Konsumsi makanan yang sehat, perbanyak sayur dan buah
  • Perbanyak minum air putih untuk menjaga kelembaban kulit
  • Batasi makanan pedas, lemak, dan berminyak
  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Istirahat dan olahraga yang cukup agar hormon bekerja secara normal dan seimbang.

Bagi kalian yang sudah mencoba berbagai cara mengatasi jerawat namun tidak mendapatkan hasil yang optimal, bisa mencoba menggunakan produk wardah. Kini, Wardah Beauty hadir dalam series yang khusus untuk kulit berjerawat. Yups.. Wardah Acne Series. Berikut beberapa produk dari Wardah Acne Series.

  1. Wardah Acne Cleansing Gel
  2. Wardah Acne Gentle Scrub
  3. Wardah Acne Treatment Gel
  4. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel
  5. Wardah Pore Tightening Toner
  6. Wardah Acne Face Powder

Kita akan bahas produk-produk di atas pada bahasan selanjutnya.