Keuntungan investasi emas yang paling utama yaitu dengan emas kita dapat mempertahankan kekayaan di masa depan. Oleh karena itu nampaknya salah kaprah apabila tujuan kamu investasi emas adalah untuk bertambah kaya dengan cepat. Banyak instrument lainnya selain emas yang menawarkan itu. Walaupun juga perlu di pertimbangkan resiko investasinya. Oleh karenanya, dengan pertimbangan resiko itulah, sepertinya emas menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menyelamatkan aset/kekayaan kita dikala terjadi gejolak finansial baik skala nasional maupun global. Keuntungan investasi emas ini, berlaku bagi emas batangan atau emas murni 24 karat yang pada intinya emas yang harganya mengacu harga emas dunia. Bukan emas perhiasan.

Alasan Dibalik Keuntungan Investasi Emas

Intermezo sedikit, sepulangnya menghadiri gathering distributor MiniGold Jabar kemaren, banyak pemaparan yang begitu menarik. Beberapa diantaranya yaitu pemahaman alasan pentingnya investasi emas. Maka dari itu, saya mau berbagi beberapa informasi hasil dari pertemuan kemarin. Berikut ini beberapa alasan kenapa harus emas?

Aman (Security)

Untuk investasi emas tentu kita harus pilih jenis logam mulia yang memiliki sertifikat yang telah diakui mancanegara salah satunya logam mulia yang dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang (ANTAM). Gimana nih kalo emas nya perhiasan? Bisa bandingkan sendiri ya…apalagi yang udah pengalaman jual beli emas perhiasan.

Menguntungkan (Profitable)

Harga emas tiap hari berbeda kadang naik kadang turun, kok bisa? Karena harga emas ditentukan oleh nilai emas itu sendiri dan ditentukan oleh pasar internasional. Namun bila kita lihat dari tahun ke tahun harga emas naik terus. 10 tahun yang lalu kalo ga salah ingat harga emas kisaran Rp.320.000,00 per gram. Sementara sekarang, tahun 2020 emas berada di Rp.770.000,00 per gram (kurang lebih lah yah). Wow..bisa dihitung sendiri berapa kali lipat naiknya.

Mudah dicairkan (High Liquidity)

Jual beli emas memang lebih mudah dibanding kita jual aset lain seperti tanah atau rumah. Oleh karena itu Emas jauh lebih liquid dibandingkan dengan aset tetap seperti tanah atau properti. Dengan mudah, Emas uyang kamu miliki bisa di jual ke Toko emas, pegadaian dan distributor resmi MiniGold.

Resiko rendah (Low Risk)

Bila kita menabung dalam bentuk uang tentunya lama kelamaan akan menyusut nilainya karena pengaruh inflasi. Pun demikian bila kita tabung di bank, maka uang yang kamu simpan di rekening bank akan dikenakan biaya administrasi, selain juga sama halnya dengan uang kas yang kamu simpan, kena inflasi. Uang pada tabungan mengalami penyusutan nilai, tapi beda dengan emas, biasanya inflasi yang tinggi akan meningkatkan harga emas. Bagi sebagian orang terutama muslim, banyak yang berpandangan bahwa menabung uang di bank termasuk perbuatan riba.

Tidak memerlukan dana besar

MiniGold hadir ditengah-tengah kita tentu saja untuk membantu kita semua bisa menikmati keuntungan investasi emas. Dengan uang 50 ribuan saja kita bisa mulai menabung emas nih, masih butuh dana besar? Seperti yang sudah kita bahas bahwa dengan MiniGold semua bisa punya emas.

Tidak dikenakan PPN

Beneran nih? Emas yang diperjualbelikan ada 2 macam yaitu emas dalam bentuk batangan dan emas dalam bentuk perhiasan. Emas batang /logam mulia merupakan satu-satunya investasi yang terhindar dari PPN (Pajak Pertambahan Nilai) karena logam mulia termasuk dalam kategori bahan baku. Hanya saja untuk pembelian diatas 10 jt dikenakan PPH 22 sebesar 1.5% bagi yang mempunyai NPWP, dan 3% bagi yang tidak memiliki NPWP sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017. Lain halnya dengan emas perhiasan yang dikenakan PPN yang dibebankan kepada konsumen sekitar 10%.