Tempat wisata pantai Madasari Pangandaran mungkin masih sedikit asing di telinga temen-temen. Apalagi kalo temen-temen bukan tinggal di daerah Jawa Barat, khususnya priangan timur dan sekitarnya. Temen-temen kalo setiap musim liburan pasti banyak yang berencana menghabiskan waktu untuk berlibur bukan? tentu banyak sekali tempat wisata yang jadi daftar pilihan kita semua. Dari yang sekedar untuk refreshingin otak yang sumpek karena kerjaan. Jangan salah lho Ibu rumah tangga itu pekerjaan yang sangat melelahkan, butuh tenaga dan pikiran ekstra. Sampai tempat yang instagramable, bahkan ekstrim sekalipin. Namun pengalamanku, yang paling berkesan kuat dan mendalam biasanya wisata ke alam, salah satunya pantai atau bisa juga ke pegunungan. Tapi entah kenapa, hatiku terpaut erat dengan pantai. Setiap kali liburan daftar teratas ku adalah pantai, karena bagiku merupakan pantai tempat yang paling indah paling romantis, selalu dirindukan dan susah move on deh selepas pulang dari pantai. Walaupun kusadari betul, dibalik keindahannya tersimpan kekuatan yang dasyat dan sangat tidak terduga.

Yuk absen dulu siapa yang pernah menikmati pantai pangandaran? Saya duga hampir semuanya pernah ke sana ya? walaupun cuma sekali, itupun study tour waktu smp bareng guru hi…hi..hi..hi. Coba siapa yang pernah ke pantai Madasari? Hmmp, tak sebanyak yang berkunjung ke pantai pangandaran ya kan.

Dimanakah Lokasi Pantai Madasari?

Sebetulnya Pantai Mandasari berada tidak jauh dari pantai pangandaran, Jawa Barat. Jikalau kita menyusuri jalan menuju pantai batu karas, temen-temen hanya butuh kurang lebih 30 menitan atau sekitar 19km-an untuk sampai di Pantai Madasari. Walaupun lebih dikenal sebagai Pantai Madasari Pangandaran, tapi sebetulnya Pantai madasari ini tepatnya terletak di Cimerak. Bagi sebagian orang mungkin belum begitu mengenal pantai yang satu ini. Pantai Madasari atau yang sering dikenal dengan Pantai Bulben yang merupakan kepanjangan dari Bulak Benda, merupakan pantai yang tersembunyi di daerah pangandaran. Bila dibandingkan dengan pantai Pangandaran pengunjungnya memang jauh lebih sedikit. Tapi jangan ditanya mengenai keindahan pantai yang ditawarkan oleh Pantai Madasari.

Jujur sih pas pertama masuk ke kawasan pantai Madasari memang agak sepi. Bahkan Aku rada-rada takut, saking sepinya. Nyari penginapan pun sangat susah. Apalagi dengar cerita bahwa kawasan Pantai Madasari pernah mengalami sapuan Tsunami beberapa tahun silam yang memporak porandakan pemukiman dan fasilitas penduduk sekitar. Ditambah lagi waktu itu saya dan suami datang ke pantai ini bukan pada hari libur atau musim liburan. Namun begitu mendekati area pantai, luar biasa ga bisa berkata apa-apalagi hanya bisa memandangi sang suami yang memang sengaja membawaku kesini. Aah romantis sekali. Gak sabar untukl segera turun dari mobil dan berlari ke bibir pantai. Sungguh indah pemandangannya, diluar dugaanku (dalam artian sangat positif). Dengan tidak terlalu banyaknya pengunjung yang datang ke Pantai Madasari ini, menjadikan aku begitu leluasa menikmati luasnya lautan, hamparan pasir pantai, semilirnya angin dan nikmatnya es kelapa muda.

Dengan terburu-buru ku raih smartphone yang telah terpasang sabar di tongkat selfie ku yang harganya tak seberapa untuk mengabadikan moment yang indah ini. Suami mah cengar-cengir aja, sambil asyik sendiri menikmati angin pantai yang menyejukan waktu itu. Dia mah emang orangnya gak terlalu peduli dengan pengabadian momen melalui kamera atau sejenisnya. Kalopun berhasil nyempil di dalam frame, dan tersenyum, itu hasil paksaan yang kadang tak sebentar dan tak cukup sekali. Tipe manusia langka di jaman milenial.

Pantai Madasari Pangandaran, Jawa Barat ini memang masih alami, tampak bersih, belum terjamah oleh banyak tangan usil manusia. Disinilah bila kita ingin menghilangkan penat, benar-benar menikmati suasana pantai yang asri. Tapi bagi kalian yang ingin berburu oleh-oleh pantai ini bukanlah tempatnya, karena pada saat saya ke sana belum ada yang berjualan di area pantainya. Mungkin ini juga sih yang membuat pantai ini bersih bebas sampah.

Pantai Madasari memiliki keunikan tersendiri, ombaknya tidak terlalu besar tapi cukup membuatmu lari-lari dikejarnya. Walaupun terkadang ombak bisa tiba-tiba besar sehingga pengunjung baiknya berhati-hati. Di Pantai Madasari juga terdapat pulau-pulau kecil di pinggir pantai, yaitu Batu Gedongan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai. Karena disana tidak bertemu gaed kita ga sempat nyari tau juga sih asal muasal nama pulau kecil tersebut.