Thalasemia adalah kelainan pada darah yang ditandai oleh bentuk dan jumlah hemoglobin yang abnormal. Hemoglobin merupakan protein penting dari sel darah merah. Fungsi utama dari protein yang tersusun dari zat besi ini yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Pun demikian sebaliknya, mengangkut karbondioksida dari seluruh tubuh kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh. Sehingga, apabila jumlah hemoglobin di dalam darah, bentuk dan jumlahnya tidak memadai, akan menyebabkan anemia. Membuat tubuh cepat merasa lelah.

Penyebab

Thalasemia disebabkan karena terjadinya mutasi gen. Karena mutasi genetis, maka kelainan ini tidak hanya diturunkan dari oran tua ke anak, namun diwariskan dari nenek moyang. Jadi, selain karena kelainan yang diidap oleh kedua orangtua, thalasemia juga merupakan kelainan yang “dibawa” secara turun temurun dari nenek moyang nya. Etnis tertentu memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan etnis lainnya. Orang-orang indonesia dan yang berasal dari etnis asia, cina, timur tengah, afrika amerika merupakan etnis yang beresiko tinggi. Waspadalah.

Gejala Thalasemia

Tanda dan gejala thalasemia yang umum dapat dilihat dan dirasakan tubuh. Cepat lelah, nampak lemah, warna kulit pucat dan cenderung kekuningan merupakan gejala umum penderita thalasemia. Selain itu, seringkali dijumpai gejala lainnya seperti cacat atau perubahan bentuk pada tulang wajah, pertumbuhan dan perkembangan yang lambat, terjadinya pembengkakan perut dan warna urin yang gelap.

Apabila gejala dan tanda-tanda tersebut nampak jelas, maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter dan rumahsakit terdekat. Disamping itu, perlu di cek riwayat keluarga terutama orang tua langsung, apakah memiliki riwayat kelainan ini atau tidak. Kalupun tidak, bukan berarti 100 persen anda dinyatakan bebas thalasemia. Perlu diketahui bahwa, orang-orang timur tengah, asia tenggara dan afrika-amerika merupakan kelompok orang yang secara genetik memiliki resiko bawaan. Oleh karenanya, sepanjang kamu khawatir akan terlihatnya gejala-gejala yang disebutkan tadi ada pada anak kamu, maka penting untuk segera dilakukan cek klinis dan diagnosis medis.

Treatment Yang Diperlukan

Pada umumnya penyakit thalasemia tidak bisa di sembuhkan. Hal ini karena Thalasemia bukanlah penyakit biasa pada umumnya, melainkan sebuah kelainan pada darah. Kelainan karena adanya mutasi gen. Sehingga sifatnya genetis. Pengidap kelainan ini disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli genetika apalagi ketika berencana untuk memiliki keturunan. Karena sangat dimungkinkan, keturunannya akan mengdap kelainan yang sama.

Karena tidak bisa disembuhkan, pengidap  thalasemia biasanya harus menjalani tranfusi darah seumur hidupnya. Seperti menimpa penjaga toko aksesoris dan kosmetik ku, yang harus menjalani transfusi darah sejak berumur empat tahun hingga sekarang.